Sunday 14 December 2014

Contoh Makalah Masalah Pendidikan Di Indonesia

MAKALAH MASALAH PENDIDIKAN DI INDONESIA

Disusun oleh :

Nama : Irfan Ramadhan Nurdiantoro
NIM  : 1201414028

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2014








KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT atas selesainya makalah yang berjudul “masalah pendidikan di indonesia”. Atas dukungan moral dan materi yang di berikan dalam penyusunan makalah ini yang mmenurut saya dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita untuk mempelajari pendidikan luar sekolah
Melalui kata pengantar ini saya lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bila mana isi makalah ini ada kekurangan dan ada tulisan yang saya buat kurang tepat atau menyinggung pembaca.

Dengan ini saya mempersembahkan makalah ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga Allah SWT memberkahi makalah ini sehingga dapat memberikan manfaat.





Semarang, 24 November 2014


Irfan Ramadhan




DAFTAR ISI

Sampul ...............................................................................................            1
Kata Pengantar ...................................................................................           2
Daftar Isi ............................................................................................            3
BAB I PENDAHULUAN
Latar belakang ....................................................................................           4
Rumusan masalah ..............................................................................            5
Tujuan ................................................................................................            5
Manfaat ..............................................................................................            5
BAB II PEMBAHASAN
Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia..................             6
Cara mengatasi permasalahan pendidikan di Indonesia....................             7         
BAB III PENUTUP
Kesimpulan .......................................................................................             13
Saran .................................................................................................             13
Daftar pustaka ..................................................................................             13






BAB I
PENDAHULUAN

a.       Latar belakang

Sudah tidak asing lagi di telinga jika tingkat pendidikan indonesia di mata dunia sangat menurun, mutu pendidikan Indonesia ternyata masih rendah dibandingkan dengan negara-negara lainnya, khususnya di Asia Tenggara.
Berdasarkan data The Learning Curve Pearson 2014, Selasa (13/5/2014), sebuah lembaga pemeringkatan pendidikan dunia, memaparkan jika Indonesia menduduki posisi bontot alias akhir dalam mutu pendidikan di seluruh dunia.
Indonesia menempati posisi ke-40 dengan indeks rangking dan nilai secara keseluruhan yakni minus 1,84. Sementara pada kategori kemampuan kognitif indeks rangking 2014 versus 2012, Indonesia diberi nilai -1,71
.
Sedangkan untuk nilai pencapaian pendidikan yang dimiliki Indonesia, diberi skor -2,11. Posisi Indonesia ini menjadikan yang terburuk. Di mana Meksiko, Brasil, Argentina, Kolombia, dan Thailand, menjadi lima negara dengan rangking terbawah yang berada di atas Indonesia.

Dari sinilah penulis mencoba untuk membahas lebih masalah mengenai pendidikan di Indonesia dan segala dinamikanya.







b.      Rumusan masalah
1.      Apa saja penyebab yang menyebabkan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia?
2.      Bagaimana cara mengatasi permasalahan-permasalahan pendidikan di Indonesia?

c.       Tujuan
Untuk mengetahui penyebab yang menjadikan pendidikan indonesia rendah serta dapat mengetahui cara mengatasi permasalahan pendidikan di indonseia

d.      Manfaat
Dari penulisan ini diharapkan mendatangkan manfaat berupa penambahan pengetahuan kepada pembaca tentang keadaan pendidikan sekarang ini sehingga kita dapat mencari solusinya secara bersama agar pendidikan di masa yang akan dapat meningkat baik.



BAB II
PEMBAHASAN

Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia
Ada banyak penyebab dari rendahnya kualitas pendidikan di indonesia yaitu
1.      Efektifitas Pendidikan Di Indonesia
Pendidikan yang efektif adalah suatu pendidikan yang memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan dapat tercapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian, pendidik (dosen, guru, instruktur, dan trainer) dituntut untuk dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran agar pembelajaran tersebut dapat berguna.

Efektifitas pendidikan di Indonesia sangat rendah. Setelah praktisi pendidikan melakukan penelitian dan survey ke lapangan, salah satu penyebabnya adalah tidak adanya tujuan pendidikan yang jelas sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Hal ini menyebabkan peserta didik dan pendidik tidak tahu “goal” apa yang akan dihasilkan sehingga tidak mempunyai gambaran yang jelas dalam proses pendidikan. Jelas hal ini merupakan masalah terpenting jika kita menginginkan efektifitas pengajaran. Bagaimana mungkin tujuan akan tercapai jika kita tidak tahu apa tujuan kita.

2.      Standardisasi Pendidikan Di Indonesia
Pemerintah pada masalah ini sering kali salah kaprah ketika menaikan standardisasi pendidikan yang ada di indonesia, mungkin maksud tujuan dari pemeritah yaitu ingin menaikan mutu pendidikan yang akhirnya membawa bahaya yang tersembunyi yaitu kemungkinan adanya pendidikan yang terkepung oleh standar kompetensi saja sehingga kehilangan makna dan tujuan dari pendidikan tersebut.
Terkadang murid hanya memikirkan bagaimana agar mencapai standar pendidikan saja, bukan bagaimana agar pendidikan yang diambil efektif dan dapat digunakan.

3.      Rendahnya Kualitas Sarana Fisik
Untuk sarana fisik misalnya, masih banyak sekolah – sekolah pedesaan kita yang kurang terawat kepemilikan dan penggunaan media belajar rendah, buku perpustakaan tidak lengkap. Sementara laboratorium tidak standar, pemakaian teknologi informasi tidak memadai dan sebagainya. Bahkan masih banyak sekolah yang tidak memiliki gedung sendiri, tidak memiliki perpustakaan, tidak memiliki laboratorium dan sebagainya.

4.      Mahalnya Biaya Pendidikan
Orang miskin dilarang sekolah. Kata – kata ini sering muncul untuk mendefinisikan tentang mahalnya biaya yang harus dikeluarkan masyarakat untuk mengenyam bangku pendidikan. Mahalnya biaya pendidikan dari Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Perguruan Tinggi  membuat masyarakat miskin tidak memiliki pilihan lain kecuali tidak bersekolah. Orang miskin tidak boleh sekolah.

Cara mengatasi permasalahan pendidikan di Indonesia
1.      Pertama sumber daya manusia di Indonesia sangat melimpah. Dengan kenyataan ini maka harusnya Indonesia memiliki sebuah kegiatan pembelajaran yang baik karena banyak manusia yang berpotensi untuk mengembangkannya.

2.      Selain SDM yang banyak, Indonesia juga kaya akan sumber daya alam dan juga kekayaan budaya yang tidak ternilai. Dari SDA dan juga kebudayaan inilah yang sebenarnya dapat kita maksimalkan untuk membuat sebuah pembelajaran yang berkualitas dan baik untuk anak negeri. Dan bahkan jika kita bisa mengolah budaya dan SDA tersebut dengan baik maka segala hal yang berkaitan dengan pembelajaran akan berlangsung dengan baik pula.

3.      Serta pemerintah bisa lebih peduli dengan kualitas pendidikan di indonesia contohnya pemerintah lebih peduli dengan sekolah di pedesaan, lebih peduli dengan kesejahteraan guru, hingga menanamkan rasa malu untuk mencontek pekerjaan orang lain pada semua siswa serta menanamkan rasa nasionalisme.









BAB III
PENUTUP

a.       Kesimpulan
Kualitas pendidikan indonesia memang masih rendah bila di bandingkan dengan negara – negara di asia. Diantara penyebabnya ialah efektifitas Pndidikan di indonesia, kurangnya kesadarn pemertintah tentang standardisasi pendidikan di indonesia, kurangnya pemerintah tentang kekurangan fisik suatu sekolah, serta masih tingginya biaya pendidikan di indonsia

b.      Saran
Salah satu cara yang harus di lakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan negara-negara lain adalah dengan lebih meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu.

c.       Daftar pustaka
1.      Ika Sri Purnamasari. 2012. Faktor – Faktor Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia diakses dari   http://ikasp.wordpress.com/ tanggal 25 Nop. 14


1 komentar:

Pendidikan Nonformal said...

Mantab pak, makalahnya sangat membantu.
apakah ada makalah dengan judul yang lainnya?

Post a Comment